google-site-verification=o__7QP0kjMM7HKEUe2aHx6_pdErDnoFVoxUFLYhjHIU AKUISISI SAHAM ADALAH : PENGERTIAN, MEKANISME, DAMPAK, CONTOH DAN PERBEDAAN DENGAN MERGER - PARETOSAHAM.COM

AKUISISI SAHAM ADALAH : PENGERTIAN, MEKANISME, DAMPAK, CONTOH DAN PERBEDAAN DENGAN MERGER

 

Akuisisi Saham adalah

 

MENYINGKAP RAHASIA AKUISISI SAHAM DAN DAMPAKNYA PADA PASAR

Akuisisi saham adalah salah satu bentuk pengambilalihan perusahaan yang dilakukan melalui pembelian saham oleh perusahaan lain. Akuisisi saham merupakan cara yang umum digunakan oleh perusahaan untuk memperluas bisnisnya, mengakuisisi teknologi atau keahlian, dan memperbesar pangsa pasar. Namun, tidak semua akuisisi saham berjalan dengan mulus dan dapat menghasilkan dampak positif. Artikel ini akan membahas pengertian akuisisi saham, mekanisme, dan dampaknya pada pasar.


PENGERTIAN AKUISISI SAHAM

Akuisisi saham adalah suatu proses pembelian saham yang dilakukan oleh perusahaan yang ingin memperluas bisnisnya atau mengambil alih bisnis perusahaan lain. Saat sebuah perusahaan mengambil alih perusahaan lain melalui akuisisi saham, perusahaan tersebut mengontrol mayoritas saham dan mendapatkan kendali atas bisnis perusahaan tersebut.

MEKANISME AKUISISI SAHAM

Akuisisi saham dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: 

1. Analisis 

Perusahaan akan melakukan analisis terhadap perusahaan yang akan diakuisisi, seperti kondisi keuangan, operasional, dan strategi bisnis. Tujuannya adalah untuk menilai apakah perusahaan tersebut layak diakuisisi atau tidak.

2. Negosiasi

Setelah dilakukan analisis, perusahaan akan melakukan negosiasi harga dan persyaratan akuisisi dengan pemilik perusahaan yang akan diakuisisi.

3. Pembelian saham

Setelah terjadi kesepakatan, perusahaan akan membeli mayoritas saham perusahaan yang akan diakuisisi.

4. Penyatuan bisnis

Setelah pembelian saham, perusahaan akan menyatukan bisnis dengan perusahaan yang baru diakuisisi.


Dampak Akuisisi Saham pada Pasar

Akuisisi saham dapat mempengaruhi pasar secara signifikan, tergantung pada skala dan dampak akuisisi. Beberapa dampak yang dapat terjadi pada pasar adalah:

1. Konsolidasi industri

Akuisisi saham dapat menyebabkan konsolidasi industri, di mana perusahaan yang lebih besar membeli perusahaan yang lebih kecil, sehingga menyebabkan pengurangan persaingan di industri tersebut.

2. Perubahan harga saham

Akuisisi saham dapat menyebabkan perubahan harga saham perusahaan yang terlibat dalam akuisisi, serta harga saham perusahaan di industri yang sama.

3. Peningkatan efisiensi

Akuisisi saham dapat membantu perusahaan mencapai skala ekonomi yang lebih besar dan meningkatkan efisiensi bisnis.

4. Dampak pada karyawan 

Akuisisi saham dapat berdampak pada karyawan perusahaan yang diakuisisi, terutama jika terjadi pengurangan staf atau perubahan strategi bisnis yang berdampak pada pekerjaan mereka.


CONTOH AKUISISI SAHAM YANG TERJADI DI INDONESIA

Berikut adalah beberapa contoh akuisisi saham yang terjadi di Indonesia: 

  1. Pembelian mayoritas saham PT Bank Danamon oleh MUFG Bank asal Jepang pada tahun 2018.
  2. Akuisisi saham mayoritas PT Bank Permata oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada tahun 2019.
  3. Akuisisi saham mayoritas PT Freeport Indonesia oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) pada tahun 2018.
  4. Akuisisi saham PT Blue Bird Tbk oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2020.

 

Apa bedanya antara akuisisi saham dan merger?

Akuisisi saham adalah bentuk pengambilalihan perusahaan yang dilakukan dengan membeli mayoritas saham perusahaan target. Sementara merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu entitas baru.

Apa saja faktor yang mempengaruhi harga saham perusahaan yang diakuisisi?

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga saham perusahaan yang diakuisisi antara lain kondisi keuangan perusahaan, reputasi perusahaan, keuntungan yang dihasilkan, dan strategi bisnis perusahaan. 

Apa dampak dari akuisisi saham terhadap pemegang saham perusahaan yang diakuisisi?

Dalam banyak kasus, akuisisi saham dapat meningkatkan nilai saham perusahaan yang diakuisisi, terutama jika perusahaan pembeli menawarkan harga yang lebih tinggi dari harga pasar saat itu.

Apakah akuisisi saham selalu berdampak positif?

Tidak selalu. Terkadang akuisisi saham dapat berdampak negatif terhadap perusahaan yang terlibat, seperti jika terjadi pengambilalihan yang terlalu agresif atau jika terdapat masalah di dalam perusahaan yang diakuisisi. 


Kesimpulan

Akuisisi saham adalah bentuk pengambilalihan perusahaan yang dilakukan melalui pembelian mayoritas saham perusahaan target. Proses akuisisi saham melibatkan beberapa tahap, seperti analisis, negosiasi, pembelian saham, dan penyatuan bisnis. Dampak akuisisi saham pada pasar dapat beragam, mulai dari konsolidasi industri, perubahan harga saham, peningkatan efisiensi, hingga dampak pada karyawan perusahaan yang diakuisisi. Meskipun akuisisi saham dapat membawa manfaat bagi perusahaan, namun tidak selalu berdampak positif tergantung pada skala dan dampak akuisisi.

 

Oleh : Zaenal Mustopa S.E


Belum ada Komentar untuk "AKUISISI SAHAM ADALAH : PENGERTIAN, MEKANISME, DAMPAK, CONTOH DAN PERBEDAAN DENGAN MERGER"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel